Minggu, 30 Juni 2013

Pengenalan Matematika


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002: 723), matematika adalah ilmu tentang bilangan, hubungan antara bilangan, dan prosedur kekuasaan yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai bilangan. Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap paling sulit bagi sebagian besar siswa dikarenakan banyaknya rumus yang digunakan dan harus dihafalkan sehingga sebagian besar siswa kurang berminat dan tertarik terhadap mata pelajaran matematika.

Namun, saat ini perkembangan minat siswa terhadap mata pelajaran matematika sudah semakin meningkat, dikarenakan telah muncul berbagai macam metode pengajaran yang menarik banyak siswa yang telah dibuat oleh pakar pendidikan. Salah satu contohnya yaitu dalam kegiatan belajar mengajar, guru menggunakan media pembelajaran untuk memperjelas pemahaman  siswanya, agar siswa dapat memahami konsep mata pelajaran matematika dengan mudah dan jelas serta menarik perhatian, sehingga tidak membosankan
Salah satu diantara mata pelajaran matematika yang dianggap sulit adalah trigonometri, banyak siswa yang merasa kesulitan dalam menghafal nilai-nilai pada sudut-sudut istimewa, padahal konsep dasar rumus trigonometri pada sudut-sudut istimewa merupakan pokok terpenting dalam menyelesaikan permasalahan soal trigonometri. 
Oleh sebab itu, kami membuat sebuah media pembelajaran berupa kartu permainan, agar siswa lebih mudah mengingat dan menghafal nilai dari sudut-sudut istimewa. Media pembelajaran itu peneliti beri nama “KARPET”. KARPET merupakan permainan kartu yang berisi rumus-rumus trigonometri dari sebuah sudut-sudut istimewa trigonometri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar